PAMMASENA
HOMEPAGE
29/07/12

8 Film Yang Mengilhami Penontonnya Berbuat Kejahatan

Pada : 29/07/12 1 komentar
Label:
Motif yang membuat James Holmes, pria 24 tahun yang menembaki penonton film Batman The Dark Knight Rises di Aurora, Colorado, Amerika serikat, masih belum jelas. Ia hanya mengaku sebagai The Joker, yang di seri buku komik, menyebarkan "gas tersenyum" ketika memulai pembantaian di sebuah studio televisi. Namun yang pasti ulahnya bukan menunjukkan pertama kalinya kejahatan dalam kehidupan nyata yang menirukan adegan fiksi atau film terjadi. Setelah menonton Video Lucu Sepak Bola, kini beralih ke artikel kejahatan, berikut ini beberapa judul film yang mengilhami seorang penontonnya untuk bertindak kriminal seperti Holmes:
  • The Town
Ben Affleck membuat perampokan bank terlihat mudah dalam film yang dibuat pada 2010 itu. Ambil kebiasaan suster, tas besar, beberapa senjata semi-otomatis, dan aksi pun mulus. Pasangan Illinois menemukan bahwa formula itu tidak cukup bekerja dalam kehidupan nyata ketika mereka mencoba menarik uang dengan sebuah pencurian meniru film ini pada 2011 di Chicago Bank.

Mereka mengenakan baju biarawati dan topeng, lalu menodongkan senjata kepada karyawan bank, tapi tidak ada tembakan dan tidak ada yang terluka. Mereka diduga membawa kabur uang US$ 120 ribu dalam sebuah tas ransel Nike. Belakangan diketahui perampok itu adalah Navahcia Edwards, yang sebelumnya bekerja di cabang bank itu, yang beraksi dengan kekasihnya, kasir bank yang sama.
  • Fight Club
Kyle Shaw, 17 tahun, meledakkan sebuah bom yang terbuat dari kembang api, botol plastik, dan pita listrik di luar kedai Starbucks di Upper East Side pada 2009. Polisi mengatakan Shaw berencana meluncurkan sendiri "Proyek Mayhem" dan meniru rencana sosok Brad Pitt di Fight Club.

Pada 2010, Shaw mengaku bersalah atas upaya pembakaran dan kepemilikan senjata ilegal, menurut New York Post. Dia dijatuhi hukuman tiga setengah tahun penjara dan lima tahun masa percobaan.
  • Twilight
Film pertama dalam saga Twilight yang dibintangi Robert Pattinson dan Kristen Stewart juga disalahkan lantaran membuat seorang remaja Iowa menjadi "gila". Setelah seorang gadis 13 tahun mengaku digigit teman sekelasnya, wakil kepala sekolah mereka menyelidiki dan mengetahui bahwa seorang bocah laki-laki telah menggigit 10 lainnya dalam satu bulan. Ketika dihubungi, ayah anak itu mengatakan bahwa itu gemar menonton film Twilight. Menurut Des Moines Register, dia menjadi hobi menggigit orang sejak saat itu.
  • Dexter
Drama memukau tentang seorang pembunuh berantai telah disebutkan dalam setidaknya satu pembunuhan di kehidupan nyata. Pada 2009, Andrew Conley (17) mencekik saudaranya, Conner, yang masih berusia 10 tahun dengan tangan kosong. "Faktanya adalah ia telah mengatakan berfantasi tentang membunuh orang," kata jaksa Aaron Negangard pada 2011.

Satu jam interogasi pertamanya oleh polisi, Conley hanya bercerita tentang Dexter dan dia merasa seperti tokoh dalam film itu yang menjadi pembunuh orang jahat. Bahkan hukuman seumur hidup di penjara tidak menghentikan daya tarik Conley atas Dexter. Dalam video penjara yang mencatat kunjungan seorang teman keluarga, Conley bertanya tentang perkembangan terbaru serial itu, dan dengan berbinar dia bertanya, "Wah, jadi Dexter membunuh Trinity? Itu keren!"
  • Natural Born Killer
Duo pembunuhan kehidupan nyata terilhami karakter utama dalam film tahun 1994, Natural Born Killers. Dylan Klebold melakukan sejumlah pembunuhan yang mengerikan, termasuk penembakan di SMA Columbine tahun 1999. Seorang pengacara bagi para korban di Columbine melayangkan gugatan kepada orang-orang di balik film yang disutradarai Woody Harrelson ini. Kasus tersebut ditolak pada 2001.
  • The Matrix
Plot dari sci-fi populer The Matrix menunjukkan bahwa di dunia kita hidup hanyalah ilusi yang dikontrol oleh komputer. Sejak dirilis tahun 1999 dari film pertama Matrix, ada beberapa kasus yang melibatkan kejahatan kekerasan di mana pengacara telah menggunakan "pertahanan Matrix" atas nama klien mereka, mengatakan bahwa terdakwa percaya bahwa mereka dalam realitas alternatif.

Kasus yang paling terkenal adalah kasus Lee Boyd Malvo, yang dihukum karena pembunuhan tahun 2002. Malvo dikatakan terobsesi dengan dunia realitas kabur dan pengendalian pikiran seperti digambarkan dalam The Matrix. Dalam penjara, fiksasi Malvo terus berlanjut. Ia menulis: bebaskan diri Anda dengan The Matrix. "Pertahanan Matrix" juga bekerja untuk Vadim Mieseges di San Francisco yang mencincang induk semangnya. Dia mengatakan kepada polisi ia bertindak setelah "tersedot ke Matrix." Seorang hakim menerima permohonan itu dan menyatakan tidak bersalah dengan alasan kegilaan.
  • Scream
Perbuatan kriminal sopir truk 24 tahun asal Belgia terinspirasi film ini. Thierry Jaradin, mengenakan jubah hitam dan topeng Scream ketika ia menikam tetangganya Alisson Cambier, 15 tahun, 30 kali pada tahun 2001. Menurut Guardian, dia menyerang setelah gadis itu menolak cintanya.
  • Taxi Driver
Upaya pembunuhan Presiden Ronald Reagan mungkin adalah kejahatan paling terkenal yang terinspirasi oleh sebuah film. John Hinckley Jr, seorang calon penulis lagu, memiliki obsesi yang tidak sehat untuk bintang wanita dari Taxi Driver, Jodie Foster. Dalam film tahun 1976 itu, Foster memainkan pelacur berusia 12 tahun yang coba diselamatkan sopir taksi Travis Bickle. Kemudian dalam film, Bickle juga mencoba membunuh seorang senator yang mencalonkan diri sebagai presiden.

Dalam peristiwa yang kemudian disebut merupakan upaya menarik perhatian Foster, Hinckley melakukan enam tembakan ke arah Reagan pada tanggal 30 Maret 1981. Reagan terluka oleh satu peluru, dan sekretaris persnya, James Brady, tertembak di kepala. Hinckley, yang kemudian ditemukan tidak bersalah dengan alasan kegilaan, mengatakan bahwa penembakan itu adalah "penawaran cinta terbesar dalam sejarah dunia," dan "semua orang kini tahu tentang John dan Jodie".

Source

1 komentar:

  1. Kalau film pocong gantung diri. Masuk kriteria apa ya mas... he he he... Artikelnya sangat informatif. seharusnya kita tidak memberikan tontonan semacam ini untuk usia anak dalam masa pertumbuhan.. karena mereka suka meniru. klw mereka meniru bisa gawat deh mas.. kkk :D

    BalasHapus

Jangan Klik Di Sini

Followers

Langgan artikel Via Email

Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Pammasena Copyright 2012 | Template By : Dody Farial